Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 18 Maret 2011

Makalah keempatku...menjelang OP



MAKALAH 4

PENDAHULUAN

Berkecimpung di dunia teknologi komunikasi dan informasi bukanlah hal yang mudah. Kita selalu berhadapan dengan hal-hal yang tidak terbayangkan, misalnya saja pembobolan rekening yang bisa saja dilakukan melalui internet, kerugian penjualan dikarenakan kesalahan dalam mengatur dan mengartikan kegunaan internet.

Hal ini akan saya bahas secara singkat di makalah tanggapan ini, sehingga kita semua diharapkan dapat secara kritis memahami apa sebenarnya yang telah terjadi di bumi pertiwi ini.

Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat membaca!

Zukarlita


PEMBAHASAN

BAB I

TEKNOLOGI KOMPUTER: ISU LEGAL, Y2K, INTELIJEN BUATAN

(Computer Technology: Legal Issues, Y2K, and Artificial Intelligence)

ISU LEGAL (Legal Issues)

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembajakan informasi (software) terjadi di berbagai belahan dunia, baik untuk penggunaan sendiri maupun kepentingan bisnis. Dimana setiap software yang dibeli secara sah tidak berarti telah menjadi milik kita sepenuhnya, akan tetapi kita hanya sebatas sebagai pemegang lisensi sah saja untuk digunakan dalam satu komputer (tidak dapat diperbanyak). Saya cukup setuju dengan pemaparan di dalam buku tersebut bahwa apakah kita harus membeli 2 (dua) buah software asli apabila kita memiliki 2 buah laptop? Tentu saja memboroskan uang dan menimbulkan stagnan dalam kemajuan teknologi manusia, karena teknologi hanya terbatas untuk yang sanggup membeli lisensinya saja. Ini bukan berarti saya mendukung terjadinya pembajakan, tetapi saya lebih melihat kepada mekanisme penjualan lisensi ini.

Akan lebih baik apabila untuk software kategori tertentu dibebasbiayakan alias tidak diperdagangkan lisensinya (gratis, tidak perlu biaya apapun untuk menggandakannya), mengingat bahwa software tersebut penting untuk umum. Tetapi memang agak susah untuk mewujudkannya, karena dikhawatirkan hal tersebut malah membuat sebagian besar programmer merasa tidak dihargai secara professional.

Berbagai gugatan atas tuduhan terjadinya plagiat software telah banyak diajukan, hal ini membuka kesempatan bagi semua programmer di dunia untuk berlomba-lomba mendaftarkan hak patentnya.

Y2K (Year 2 Kilo)

Kita harus mengetahui bahwa pemrograman komputer di masa-masa awal itu menggunakan dua digit terakhir (pada tahun) untuk mengurangi biaya), misalnya tahun 1990 diidentifikasi oleh komputer sebagai “90”. Kemudian seluruh dunia seakan tersentak dengan adanya ramalan bahwa di awal abad millennium, tahun 2000, manusia akan mengalami kekacauan total dikarenakan komputer tidak mengenali input digit “00” pada 2000, dan seluruh program akan kembali ke tahun 1900.

Sub topik ini cukup menarik karena membahas perihal yang memberikan kita pelajaran lumayan banyak, misalnya untuk selalu berpikir dan menimbang konsekuensi jangka panjang terlebih dahulu dalam memutuskan suatu keputusan. Akan tetapi, di tahun 2000 tersebut dibuktikan bahwa tidak terjadi hal-hal yang sensasional seperti yang diberitakan. Y2K ini seakan pedang yang bermata dua, antara positif dan negatif. Negatif karena menimbulkan kepanikan sesaat pada masyarakat dunia dan juga positif karena mendorong manusia untuk bekerja lebih keras lagi memperbaiki sistem komputer ke sistem yang lebih baik.

INTELIJEN BUATAN (Artificial Intelligence)

Saya sendiri seringkali mempertanyakan kenapa semua teknologi yang berada di sekeliling saya itu bisa terjadi. Kesemua hal tersebut cukup aneh karena hampir mampu secara total untuk menjiplak kemampuan manusia, khususnya logika. Teknologi bahkan mampu mengenali suara kita (speech recognition), membuat keputusan yang sesuai dengan logika (computer vision), bahkan menjadi dokter untuk mengobati diri sendiri apabila terdapat kerusakan (expert system).

Semua hal di dunia teknologi ini memiliki dampak positif dan ne

gatif. Seperti yang bisa terpikirkan oleh

kita, bahwa AI (Artificial Intelligence) ini sangat membantu dalam meringankan tugas sehari-hari kita (mengerjakan pekerjaan kita) tetapi di lain pihak juga turut mengancam kelangsungan hidup manusia karena kehidupan makin lepas kontrol dari tangan manusia.

Terdapat satu hal yang tidak bisa tergantikan oleh teknologi, yaitu perasaan, dimana manusia dapat memutuskan sesuatu bukan hanya berdasarkan AI (log

ika) semata, melainkan juga secara subjektif (mempertimbangkan dari segi manusiawi)


BAB II

DIGITAL AUDIO

Pada intinya bab ini membahas menangani bagaimana mestinya untuk melakukan peredaran suatu karya, dimana ada yang menuntut penjualan lisensi, ada juga yang cukup menginginkan dibagi secara gratis di dunia internet saja mengingat dapat dengan cepat menyebarluaskan karya itu.

Peredaran karya-karya tersebut juga mendongkrak meningkatnya penggunaan digital audio (tergolong hardware) yang memang menjadi media untuk mengharmonisasi kesemua informasi yang ada. Kembali ke pernyataan awal saya, bahwa setiap hal memiliki bagian positif dan negatifnya. Bahkan hal yang diawali dengan dampak negatif bisa saja berujung pada terciptanya suatu hal positif. Pro dan kontra ini terdapat pada letak kenyamanan dan ekonomi sekaligus. Manusia seakan dimanjakan dengan penemuan digital audio ini (mereka dapat dengan mudah menyimpan rekaman suara di CD ataupun media lainnya), tetapi mereka tidak bisa mengontrol sepenuhnya penyebaran informasi tersebut.

Mengapa digital audio ini penting untuk dibahas? Karena menyangkut tentang permasalahan bagaimana manusia dapat menyimpan karyanya dalam media yang cukup terpercaya dan kemudian tidak kesulitan untuk menyebarluaskannya ke publik. Salah satu contoh negatif yang terjadi di kehidupan nyata kita adalah munculnya website wikileaks, yang secara gamblang memperlihatkan naskah-naskah penting pemerintahan kepada public. Meskipun itu sebatas teks-teks belaka, akan tetapi efek yang ditimbulkan sudah cukup mencengangkan dunia, lalu bagaimana apabila yang disebarluaskan adalah informasi yang berbentuk video?

Contoh lainnya adalah munculnya artis baru yang terkenal hanya dikarenakan oleh beredarnya digital audio yang mereka lakukan itu berhasil mempengaruhi orang banyak dan tentunya memperoleh perhatian dari banyak orang, meskipun banyak pihak yang tidak membayar biaya sang artis untuk karya audio yang dihasilkan (tetapi menciptakan sekumpulan fans fanatik yang turut mengangkat popularitasnya). Apabila ditinjau dari kacamata ekonomi, hal ini dapat diatasi dengan mengadakan penggalangan dana dalam bentuk lain, misalnya melakukan tur konser dunia (sehingga tetap memperoleh keuntungan signifikan dari para fans fanatic itu).

PENUTUP

Suatu kesimpulan berharga yang dapat kita tarik dari makalah ini adalah bahwa kita tidak boleh melihat suatu hal dari satu sudut pandang saja, melainkan akan jauh lebih baik apabila kita menggunakan sudut pandang yang tidak sependapat dengan pemikiran awal kita. Hal tersebut dapat memberikan wawasan baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Begitu juga halnya dengan segala jenis hal yang berkaitan dengan ketidakadilan yang terjadi di dunia teknologi ini, diharapkan kita mampu memetik nilai positif dari semua ini.

Akhir kata, terima kasih atas kesediaan Anda membaca makalah saya ini, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam perkataan maupun pemikiran, diharapkan Anda semua dapat menyampaikan komentar dan saran yang membangun tersebut guna perkembangan penulisan makalah ke depannya. Terima kasih.

Sumber pustaka

· What is software piracy?” http://www.adobe.com/aboutadobe/antipiracy/piracy.html (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· “Masalah Tahun 2000” http://id.wikipedia.org/wiki/Masalah_Tahun_2000 (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· “FEMA For Kids” http://www.fema.gov/kids/y2k.htm (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· “FEMA For Kids: How Will Y2K Affect You?” http://www.fema.gov/kids/y2kaff.htm (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· “Audio digital” http://id.wikipedia.org/wiki/Audio_digital (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· WikiLeaks” http://id.wikipedia.org/wiki/WikiLeaks (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· “Controversies in Audio Engineering” http://www.brighthub.com/engineering/mechanical/articles/23023.aspx (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar piracy black http://www.advanced-television.tv/wp-content/uploads/2011/02/piracy.gif (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar “My Two Cents” http://1.bp.blogspot.com/_3ba26Wh7bVo/SN3R3p2jB-I/AAAAAAAACv4/bcz-OEprsd0/s400/Two+Cents+Worth.jpg (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar “Y2K” http://alfredoelectroboy.files.wordpress.com/2010/11/2y2k.gif (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar “AI” http://andhikaarya.files.wordpress.com/2010/12/ailogo.gif (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar “Digital Audio” http://screenshots.en.softonic.com/en/scrn/48000/48056/3_audioeditor.jpg (diakses tanggal 18 Maret 2011)

· Gambar “Justin Bieber and Youtube” http://static.inilah.com/data/berita/foto/1057522.jpg (diakses tanggal 18 Maret 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar