Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Minggu, 25 April 2010

prinsip management chapter 1

pertama-tama kita melihat adanya kegunaan dari belajar manajemen itu sendiri..
hmm,, manajemen itu kan proses bekerja dengan orang-orang dan sumber daya (bisa berupa bahan baku ataupun mesin, dsb) secara efektif dan efisien..
apa sih perbedaan efektif dan efisien??
nah, efektif itu adalah bahwa apa yang kita kerjakan itu membawa hasil atau pengaruh yang kita inginkan (istilahnya itu kita tidak sia-sia)/tujuan tercapai.
sedangkan efisien itu adalah bahwa kita menggapai tujuan dengan pengorbanan seminimal mungkin atau tepat guna..

*manajemen di era terkini..
-internet; kita ketahui bahwa perusahaan maya dan nyata memiliki batasan yang kian kabur. sulit sekali untuk membedakan mana perusahaan yang benar-benar ada secara nyata ataupun hanya eksis di dunia maya belaka. perusahaan yang maju akan sangat memanfaatkan internet dalam rangka melebarkan sayapnya untuk menjangkau konsumen yang banyak dan permintaan yang melimpah. menguasai internet adalah suatu kewajiban bagi para pemimpin organisasi.

-globalisasi; tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia sekarang, jarang sekali ditemukan adanya isolasi sebuah perusahaan dari lingkungan luar.. sehingga sangat penting untuk memanfaatkan status transnasional bagi sebuah perusahaan untuk bergerak di luar kontrol pemerintah, dan hal ini berakibat pada tindakan perusahaan-perusahaan kecil yang meskipun tidak berskala internasional, akan tetapi mesti menetapkan strategi yang didasarkan pada kesepakatan internasional.

-manajemen pengetahuan; sebagai seorang manajer yang unggul, kita harus bisa menemukan dan memanfaatkan sumber intelektual dari pelaku-pelaku di organisasi kita. seperti keahlian, kemampuan, kebijaksanaan dan jalinan relasi yang ada. perusahaan yang hebat adalah perusahaan yang mampu menyatukan kekuatan intelektual mereka.

-kolaborasi di luar batas; hal ini mengindikasikan adanya pemanfaatan ide-ide yang "baru" dan berada di luar batasan perusahaan tradisional dalam rangka melebarkan jangkauan perusahaan. misalnya adanya penggandengan perusahaan yang bergerak di bidang lain untuk melahirkan sebuah produk yang lebih menarik perhatian masyarakat.

*manajemen keunggulan bersaing.
-persaingan harga
-kualitas produk
-ketangkasan / kecepatan bertindak
-inovasi

*prinsip kekal dari manajemen
-planning / menetapkan tujuan yang spesifik dan tindakan yang sesuai untuk mewujudkan tujuan tersebut.
-organizing / merakit dan mengkoordinasi pembagian tugas yang sesuai dengan keahlian masing-masing.
-leading / memimpin dan merangsang orang-orang agar bekerja semaksimal mungkin serta memberikan kontribusi berupa ide-ide.
-controlling / mengawasi serta menerapkan perubahan yang diperlukan. memastikan pula apakah tujuan tercapai atau tidak.

*level dari manajemen
-top level managers; tingkat tertinggi dari manajemen ini berfokus pada strategi.
-middle level managers; berfokus pada penerjemahan strategi menjadi taktik untuk dijalankan, dan menghubungkan ide antara atasan dengan bawahan.
-frontline managers; berfokus pada kegiatan operasional, berhubungan langsung dengan lapangan.

*keahlian manajemen:
-keahlian teknis (yang berhubungan langsung dengan produksi)
-keahlian konseptual dan keputusan (mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah)
-keahlian antarpribadi dan komunikasi (pelatihan, kerja tim, dan berbagi informasi)

finish--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar