Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Minggu, 02 Mei 2010

Hari Pendidikan Nasional!

Setiap waktu kita teringatkan akan perkembangan pendidikan di negeri kita. Apa pendapat Anda? Sudah cukup baguskah? Mungkin satu kata yang muncul di benak kita adalah "kurang terlihatnya pemerataan".

Ya! Fakta berkata bahwa pendidikan berkualitas cenderung hanya dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat yang berada di pusat perkotaan, ketimbang yang menetap di pinggiran kota atau pedalaman daerah. Ops, ini bukan sebuah stereotype, akan tetapi hanya secuil fakta yang ditemukan. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa kalangan masyarakat daerah pun sekarang ini dapat menikmati layanan pendidikan yang termutakhir, akan tetapi yang menjadi masalah adalah sekolah yang berada di kawasan daerah tersebut.

Fasilitas yang berusaha diberikan oleh pemerintah dirasakan tidak pernah cukup untuk membantu perkembangan pendidikan. Asumsinya bisa beragam, mulai dari adanya penyelewengan dana dan fasilitas tersebut oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab hingga pada hipotesa bahwa memang jumlah fasilitas yang diberikan tidak setimpal dengan jumlah yang dibutuhkan.

Berkaitan dengan hal itu, terucap kata bahwa setiap tahun kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Apa esensi dari peringatan hari nasional ini? Apakah pantas apabila kita bereuforia untuk melakukan unjuk rasa kepada pemerintah hanya untuk semata-mata "bertujuan" mengkritik pemerintah? Tidak akan pernah ada penyelesaian yang tepat untuk setiap masalah, yang ada hanyalah bagaimana cara kita menyikapinya. Akan lebih baik apabila kita bersikap positif dan berunjuk rasa untuk mendukung program pemerintah dan (dianjurkan) untuk bersikap ksatria untuk menjadi relawan dalam pembangunan negara!

Sudah saatnya kita bangkit berdiri dan menunjukkan inisiatif kita! Hal itulah yang pantas diucapkan tatkala Hari Pendidikan Nasional datang!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar