Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 29 Juni 2011

Belajar Advertising for Marcomm

Belajar di jurusan Marcomm bisa dibilang gampang-gampang susah. Mengapa? Karena biasanya kita diminta untuk menghapal berpuluh-puluh teori dan pada saat diujiankan diminta pemecahan kasus saja (yang notabenenya pengaplikasian teori sangatlah minim diperlukan). Okay, pertama tentang riset penelitian pemasaran, terutama dalam rangka melakukan penelitian yang ditujukan untuk memperoleh kesimpulan dalam merencanakan pembuatan sebuah iklan.

Berikut beberapa langkahnya:
-Mendefinisikan dan menjabarkan permasalahan yang kita hadapi (misalnya produk kurang terkenal di kalangan umum)
-Mengembangkan pendekatan dari pemikiran kita tentang permasalahan itu (kerangka pemikiran)
-Merumuskan kerangka penelitian (menciptakan desain dan strategi penelitian)
-Mencari data-data yang diperlukan
-Melakukan analisis terhadap data-data yang telah dikumpulkan
-Melaporkan dan mempresentasikan hasil analisis terhadap data-data tersebut.

Cukup singkat, bukan? Tetapi sangat diperlukan ketelitian dan komitmen serta usaha keras untuk memperoleh hasil yang maksimal dan akurat.

Dalam membuat branding dari produk dan jasa, diperlukan adanya penelitian terhadap analisa pasar, dikarenakan dengan melalui hal-hal tersebut, kita dapat menentukan gambaran seperti apa yang lagi "ngetrend" di pasaran dan juga hal-hal yang diinginkan masyarakat (yang menjadi kebutuhan masyarakat) dan juga hal-hal yang melekat di masyarakat (sesuai dengan budaya dan peraturan mereka). Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pembuatan branding
adalah seperti target perusahaan, tujuan (visi) dari perusahaan, kemampuan keuangan, keahlian, sumber daya manusia, lingkungan industri, dan tren bisnis yang selalu berubah-ubah.

semoga membantu! wish me luck for tomorrow's exam!! :D also wish my mom get well soon. I love you, Mom.